LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PERENCANAAN KUSEN PINTU DAN JENDELA
PADA PEMBANGUNAN UPTD PETANAHAN
DI CV. KARUNIA AGUNG
Laporan
Disajikan
sebagai salah satu syarat
Untuk
mengikuti Ujian Laporan Prakerin
Oleh
Wisnu Kurniaji
Teknik Gambar Bangunan
16090
PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS
PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI 2 KEBUMEN
2017
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan ini telah
disahkan oleh pembimbing, di uji oleh penguji, dan di ketahui oleh Ketua
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kebumen, pada:
Hari :
Tanggal :
Tempat : SMK Negeri 2 Kebumen
Penguji
Zaenal Arifin, S.Pd, M.B.A
NIP. 19750115 200801 1 007
|
Pembimbing
Umar Khasan, S.Pd
NIP. -
|
Mengetahui
Ketua
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Sugiyono, S.Pd
NIP. 19610818 199003 1 008
MOTTO
1.
Awali segala sesuatu dengan bismillah.
2.
“Inna ma’al ‘usri yusroo.”Sesungguhnya
bersama kesulitan ada kemudahan.
3.
Apapun yang kamu
rencanakan , apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.
4.
Janganlah menunda
pekerjaan hingga esok, usahakan selesai secepatnya.
5.
Terus berusaha dan mencoba.
6.
Bertanggung jawab
dalam bekerja atau pembelajaran.
7.
Dahulukan kebutuhan dibanding keinginan.
8.
Jika gagal, bangkit lagi.
9.
Selalu berusaha menjadi lebih baik.
10.
Awali perubahan dari hal kecil.
11.
Percaya pada dirimu,
lakukan yang terbaik, sekarang.
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah SWT Sang Penguasa Waktu dan Ilmu atas ijinindah-Nya,sehingga Laporan
Praktik Kerja Industriini dapat terselesaikan.Adapun maksud telah disusunnya
Laporan Praktik Kerja Industriini untuk memenuhi salah satu syarat di dalam
mengikuti Ujian Akhir Nasional SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018.
Adapun bahan-bahan serta data dalam laporan ini penyusun memperoleh selama
menjalankan praktik kerja industri di CV. Karunia Agung yang berlokasi di Desa
Wajasari, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen. Penyusun menyadari bahwa keberhasilan
menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri tidak lepas dari bantuan berbagai
pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terimakasih
kepada:
1.
Drs. Haryoko M.M
selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kebumen.
2.
Sugiyono,
S.Pdselaku Ketua Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan.
3.
Drs. Aris Budianto Setionegoro, M.Pd selaku
pembimbing prakerin.
4.
Umar Khasan, S.Pd
selaku pembimbing pembuatan Laporan Prakerin.
5.
H. Mabrur Al-Amin selaku pembimbing prakerin di industri.
6.
Bapak/Ibu guru yang
sudah membimbing kami belajar.
7.
Orang tua yang
selalu memberi doa dan support.
8.
Rekan-rekan yang
selalu membantu dalam bekerja sama.
Dalam penyusunan
laporan ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga perlu perbaikan. Penyusun
akan menerima dengan senang hati saran dan kritikan yang sifatnya membangun
terhadap laporan ini.
Kebumen,
28 September 2017
Wisnu Kurniaji
NIS: 16090
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ i
MOTTO............................................................................................................ .. ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... .. iii
DAFTAR ISI.................................................................................................... .. iv
DAFTAR GAMBAR /
TABEL....................................................................... .. vi
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................... .. vii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
A.
Latar Belakang Praktek Kerja Industri....................................... .. 1
B.
Tujuan ........................................................................................ .. 1
1.
Tujuan Umum...................................................................... .. 1
2.
Tujuan Khusus..................................................................... .. 2
C.
Manfaat....................................................................................... .. 3
1.
Bagi Siswa............................................................................. .. 3
2.
Bagi Sekolah......................................................................... .. 3
3.
Bagi Industri......................................................................... .. 4
BAB IIKEGIATAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI..................................... .. 5
A.
Orientasi Industri........................................................................ .. 5
1.
Profil Industri....................................................................... .. 5
2.
Sejarah.................................................................................. .. 6
3.
Bidang Industri.................................................................... .. 6
4.
Sarana dan Prasarana............................................................ .. 7
5.
Permasalahan dalam Industri............................................... .. 7
B.
Teori Dasar.................................................................................. .. 8
1.
Kusen................................................................................... .. 8
1) Jenis
– Jenis Kusen........................................................... 9
2) Bagian
– Bagian Kusen.................................................... 9
3) Jenis
– Jenis Daun Pintu dan Jendela............................... 10
4) Fungsi
Daun Pintu dan Jendela........................................ 10
5) Menentukan
Ukuran Pintu dan Jendela............................ 11
2.
Autocad.................................................................................. 11
C.
Uraian Kegiatan Praktik Kerja Industri......................................... 12
1.
Pelaksanaan Kegiatan............................................................. 12
2.
Alat dan
Bahan Kegiatan........................................................ 12
3.
Kegiatan Praktek.................................................................... 13
BAB III PENUTUP............................................................................................ 26
A. Kesimpulan......................................................................................... 26
B. Saran................................................................................................... 26
1.
Bagi Sekolah........................................................................... 26
2.
Bagi Industri........................................................................... 27
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 28
LAMPIRAN....................................................................................................... 29
DAFTAR GAMBAR / TABEL
1.
Gambar 2.1. Bagian – Bagian Kusen......................................................... 10
2.
Gambar 2.2.Job Sheet................................................................................ 13
3.
Gambar 2.3.Membuat
Layer Kusen........................................................... 14
4.
Gambar 2.4.Membuat Rectangle................................................................ 15
5.
Gambar 2.5.Offset objek sejauh 0.05 m..................................................... 15
6.
Gambar 2.6.Offset objek dalam sejauh 0.08 m.......................................... 16
7.
Gambar 2.7.Objek yang belum di Explode................................................ 16
8.
Gambar 2.8.Objek yang telah di Explode.................................................. 17
9.
Gambar 2.9.Offset garis............................................................................. 17
10.
Gambar 2.10.Penggunaan icon trim dan extend........................................ 18
11.
Gambar 2.11.Membuat kuping – kuping................................................... 18
12.
Gambar 2.12.Pemasangan kuping – kuping............................................... 19
13.
Gambar 2.13.Membuat angkur................................................................... 19
14.
Gambar 2.14.Pemasangan angkur.............................................................. 20
15.
Gambar 2.15.Jendela.................................................................................. 20
16.
Gambar 2.16.Membuat rectangle untuk pintu........................................... 21
17.
Gambar 2.17.Offset rectangle.................................................................... 21
18.
Gambar 2.18.Perintah explode dan extend untuk
mengatur garis.............. 22
19.
Gambar 2.19.Offset objek ......................................................................... 22
20.
Gambar 2.20.Objek setelah di trim............................................................ 23
21.
Gambar 2.21.Offset objek bagian atas....................................................... 23
22.
Gambar 2.22.Arsir objek menggunakan perintah
hatch............................ 24
23.
Gambar 2.23. Pasang kuping – kuping pada sudut
atas kusen................... 24
24.
Gambar 2.24. Buat model daun pintu, dan pasang
angkur........................ 25
25.
Gambar 2.25. Pintu.................................................................................... 25
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
Lembar Konsultasi dan Bimbingan.................................................... Terlampir
2.
Daftar Hadir Pelaksanaan Praktik
Kerja Industri.............................. Terlampir
3.
Jurnal Kegiatan Pelaksanaan Praktik
Kerja Industri.......................... Terlampir
4.
Gambar Kerja UPTD Petanahan........................................................ Terlampir
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Praktik Kerja Industri (Prakerin) mengandung
pengertian bahwa proses penyelenggaraan pendidikan Kejuruan tidak hanya
merupakan program milik SMK dan Departemen Pendidikan Nasional, akan tetapi
merupakan program bersama antara SMK dan Dunia Kerja/Dunia Industri.Mengacu pada
pedoman teknis pelaksanaan Prakerin dan kurikulum, SMK Negeri 2 Kebumen dalam
menetapkan siswa pada program On The Job Training atau lebih dikenal dengan
Praktik Kerja Industri (Prakerin) diprioritaskan pada siswa yang menempuh
tingkat XI dan tingkat XII.
Hal
ini mempunyai tujuan agar para siswa yang akan melaksanakan prakerin telah
benar-benar siap untuk terjun langsung melaksanakan kegiatan produksi atau jasa
yang sesungguhnya baik di Dunia Usaha dan Dunia Industri yang
ditempatkan.Ketika Praktik Kerja
Industri(Prakerin) para siswa mendapat pengalaman secara langsung di lapangan.
B.
Tujuan
Praktik Kerja Industri
Mengacu pada pedoman teknisi pelaksanaan pendidikan
sistem ganda dan kurikulum. Praktik kerja industri merupakan suatu hal yang
wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa SMK. Para siswa dituntut untuk mampu
terjun langsung di dunia industri yang sesungguhnya. Selain itu ada tujuan
lain, yaitu :
1. Tujuan Umum
a.

Meningkatkan
antara hubungan sekolah menengah
kejuruan dengan dunia industri agar bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu
pendidikan di sekolah menengah kejuruan.


b.
Untuk mengetahui
dan melatih pemahaman aplikasi ilmu pengetahuan teknik dalam dunia industri
atau dunia usaha.
c.
Untuk menambah
wawasan mengenai sistim dan proses produksi yang di tetapkan pada industri.
d.
Secara bersama-sama
menetapkan langkah-langkah kongrit untuk melaksanakan lebih mantap bentuk dan
jenis hubungan kerjasamanya.
e.
Membuat komitmen
bersama untuk dijadikan landasan pelaksanaan hubungan kerjasama.
f.
Mengembangkan
hubungan kerjasama untuk secara bersama-sama melaksanakan PSG.
2. Tujuan Khusus
a.
Untuk memperoleh
gambaran nyata tentang situasi, kondisi dan kebutuhan dunia kerja.
b.
Untuk menambah
wawasan pengetahuan dan pengalaman terutama dalam teknik industri dan usaha.
c.
Melaksanakan proses
pembelajaran produktif di dunia usaha atau dunia industri.
d.
Mempelajari lebih dari berwirausaha.
e.
Mengenal kegiatan Dunia Usaha dan Industri.
f.
Melaksanakan proses pembelajaran produktif di
g.
Memperoleh keterampilan tambahan sebagai pelengkap
keterampilan yang diperoleh di sekolah.
h.
Mempelajari lebih dalam tentang kewirausahaan.
i.
Berpraktek langsung/melaksanakan pekerjaan yang sesungguhnya
di Dunia Usaha dan Industri.
C. Manfaat
Praktek Kerja Industri
1. Manfaat Bagi Siswa :
a. Memperoleh ilmu dan pengetahuan serta pengalaman nyata
tentang kondisi yang ada di industri.
b.
Sebagai pedoman
berinteraksi dalam lingkungan kerja yang sesungguhnya.
c.
Memperoleh bekal
keterampilan tambahan sebagai pelengkap keterampilan yang di dapat dari
sekolah.
d.
Mengetahui secara
langsung perkembangan pembangunan dan dapat menambah wawasan tentang dunia
usaha/ dunia industri.
e.
Memberikan bekal
tentang perindustrian sebelum terjun ke lapangan kerja secara nyata.
f.
Mengenal cara kerja
perusahaan/management secara umum dengan lebih mendalam khususnya mengenai
proses produksi tatalaksana yang di lakukan.
g.
Melatih pemahaman
tentang aplikasi pengetahuan teknik yang di terapkan di industri.
2. Manfaat Bagi Sekolah
:
a. Mengetahui tingkat keberhasilan dalam penerapan ilmu dengan
aplikasi yang nyata di dunia industri.
b.
Memperoleh gambaran
tentang perusahaan sebagai bahan informasi untuk mengembangkan kurikulum yang
ada.
c.
Dapat mengetahui
kolerasi ilmu yang di berikan di bangku Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) dengan kondisi industri atau usaha secara nyata.
d.
Terjalin kerja sama yang
baik dalam perkembangan teknologi antara pihak sekolah dengan pihak industri.
3. Manfaat Bagi
Industri :
a. Mendapat masukan
yang berharga ketika pembahasan masalah yang terjadi di industri .
b.
Dapat membantu meringankan pekerjaan-pekerjaan yang ada di
perusahaan.
c. Tidak menutup
kemungkinan adanya sarana, dari siswa pelaksana PKL yang bersifat membangun
sistim yang ada.
d. Mengenalkan kepada
masyarakat melalui kerja sama antara pihak industri dengan sekolah.
e.
Dapat menyaring sumber daya manusia yang berpotensi untuk di
tarik kerja di perusahaan.
BAB II
KEGIATAN
A. Orientasi
Industri
1.
Profil
Industri


Status : Pusat Cabang.
Alamat : Wajasari, Adimulyo Kebumen
No.
Telepon : (0287) 5520300, HP. 081 328 754914
No. IUJK : 1-007301-3305-2-0136 Tanggal : 3 Juli 2013
Masa
berlaku : 13 Mei 2017
Instansi pemberi : Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan
Penanaman Modal Kabupaten Kebumen
No. SBU : 0124638 Tanggal : 19 Juni 2014
Masa berlaku : 13 Mei 2017
Instansi pemberi : LPJK Provinsi Jawa Tengah
a. Daftar
Pemilik / Pengurus Perusahaaan
No
|
Nama
|
No. KTP
|
Jabatan Di Perusahaan
|
1.
|
Khusnul Khotimah
|
33.0515.xxxxxx.xxxx
|
Komanditer
|
2.
|
Mabrur Al-Amin
|
33.0515.xxxxxx.xxxx
|
Direktur
|
b. Daftar
Personil Perusahaan
No
|
Nama
|
No. Ijazah
|
Keahlian
|
1.
|
Khusnul Khotimah
|
03 OB
og 0237287
|
Administrasi
|
2.
|
Thalangal Badrun
|
01.04.0270
|
Administrasi
|
3.
|
Muslim Mujiyanto
|
03 OB
or 0019278
|
Tenaga Teknik
|
4.
|
Bisri Mustofa
|
03 OB
on 0027202
|
Tenaga Teknik
|
5.
|
Zaenal Abidin
|
03 OC
ou 0034480
|
Tenaga
Teknik
|
2. Sejarah
a.
Akte Pendirian
No.
Akta
|
:
|
18
|
Tanggal
|
:
|
30 Desember 2002
|
Nama
Notaris
|
:
|
Francisca Xaveria
Lyli Ani, SH
|
b.
Akte Perubahan Terakhir
No.
Akta
|
:
|
50
|
Tanggal
|
:
|
26
Juli 2013
|
Nama
Notaris
|
:
|
Robert Prayoko,
SH, M.Kn
|
3. Bidang
Industri
CV. Karunia Agung merupakan
perusahaaan yang bergerak dalam bidang arsitektural dan struktural.
a. Bidang
Arsitektur
1) Perumahan
dan Pemukiman.
2) Bangunan
– bangunan non perumahan termasuk perawatannya.
b. Sipil
1) Jalan
dan jembatan.
2) Drainase
dan jaringan pengairan.
3) Jasa
pelaksanaan untuk kontruksi saluran air, pelabuhan, dam, dan prasarana sumber
daya air lainnya.
c. Bangunan
Gedung
1) Jasa
pelaksanaan untuk kontruksi bangunan gedung lainnya.
4. Sarana
dan Prasarana
No
|
Jenis / Merk Type
|
Jumlah
|
1.
|
Kendaraan
Roda 4
|
2
|
2.
|
Sepeda
Motor
|
3
|
3.
|
Pompa
Air
|
2
|
4.
|
Concrete
Mixer
|
2
|
5.
|
Pick
Up
|
2
|
6.
|
Vibrator
|
1
|
7.
|
Meja
Gambar
|
1
|
8.
|
Komputer
|
2
|
9.
|
Printer
/ Ploter
|
2
|
10.
|
Letering
Set
|
12
|
11.
|
Scribber
|
4
|
12.
|
Rapidograph
|
15
|
13.
|
Camera
|
1
|
5. Permasalahan
Dalam Industri
1.
Kurang
penjelasan dalam pelaksanaan gambar.
2.
Sukar
untuk bertanya kepada karyawan di CV. Karunia Agung.
3.
Tidak ada koneksi
internet, sehingga sulit untuk mencari hal-hal yang belum diketahui dalam
menggambar.
4.
Sulit
untuk berkonsultasi tentang gambar.
B. Teori
Dasar
1.
kusen
Kusen
adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk
membentuk hubungan, baik antara sebuah dinding pasangan bata, beton ataupun
kayu dengan pintu atau jendela. Untuk dapat keluar masuk ruangan dari suata bangunan
diperlukan lubang, atau tembusan yang harus dengan mudah dibuka dan ditutup
yang dinamakan pintu. Oleh karena itu, diperlukan “ibu pintu“
atau kusen dan daun pintu sebagai penutupnya.
Untuk dapat menambah masuknya cahaya siang dan udara
segar pada ruangan diperlukan juga jendela dan fentilasi yang dengan mudah
dibuka dan ditutup. Jika dalam suatu ruangan diperlukan pertukaran udara segar,
dapat ditambah kipas angin atau AC. Disamping keperluan tersebut, pintu dan
jendela maupun fentilasi harus mempunyai bentuk yang baik, indah dipandang
mata, kuat kontruksinya, dan awet. Untuk memenuhi fungsi sebaik – baiknya, maka
disyaratkan jumlah luas pintu dan jendela dari suatu ruangan, minimal
x luas lantai.

Kusen pintu terdiri dari tiang / kusen tempat
bergantung daun pintu dengan bantuan engsel pintu ( 3 Buah ). Kusen pintu
berukuran 6/12 atau 8/12 untuk pintu rumah, dan 10/14 untuk pintu garasi. Tiang kusen
diberi alur atau seponing berukuran minimal 1,5 cm x 4 cm dan 2 cm x 4,5 cm
untuk pintu garasi. Sisi belakang tiang kusen yang berhubungan dengan tembok
diberi alur kapur untuk mencegah timbulnya lubang celah – celah yang dapat
timbul karena bekerjanya kayu – kayu kusen. Dapat dibuat dennagn memahat kayu
kusen atau dengan mesin frais.
Untuk memperkokoh kedudukan kusen dalam tembok,
digunakan angker diameter 16 mm yang selanjutnya dimasukkan dalam beton dengan
campuran 1 : 2 : 3 ( semen : pasir : kerikil ). Kepala kusen tidak diberi alur
kapur, karena alur kapur merupakan kantong yang dapat menampung air dan
merugikan kayu kepala kusen. Di bagian bawah tiang kusen dipasangg umpak agar
tidak berhubungan langsung dengan lantai sehingga tidak rusak dan kotor. Umpak
terletak diatas sloof dari beton bertulangg dengan camuran 1 : 2 : 3 ( semen :
pasir : kerikil ).
1) Jenis-jenis
kusen :
a.
Berdasarkan Fungsi
:
a) Kusen
pintu
b) Kusen
jendela
b. Berdasakan lokasi :
a) Kusen
dalam
b) Kusen
luar
c.
Berdasarkan bahan
yang digunakan :
a) Kusen
kayu
b) Kusen
logam
c) Kusen
beton
1) Bagian
– Bagian Kusen
1. Tiang
(style)
2. Ambang
(dorpel). Pada daun jendela terdapat ambang atas dan ambang bawah, sedangkan
pada pintu tidak ada ambang bawah
3. Sponneng,
yaitu tempat perletakan/melekatnya daun pintu atau daun jendela
4. Telinga,
bagian ambang (dorpel) yang masuk/ditanam kedalam tembok yang berfungsi untuk
menahan gerakan kusen ke muka atau kebelakang
5. Alur
kapur, bagian dari tiang (style) yang dialur/dicoak dengan fungsi untuk menahan
gerakan kusen kemuka atau kebelakang. Selain itu juga agar apabila terjadi
penyusutan tidak timbul celah
6. Angkur,
berfungsi untuk memperkuat melekatnya pada tembok dan juga menahan gerakan
kesamping dan ke muka/ ke belakang
7. Duk
(neut), dipasang pada bagian bawah khusus untuk kusen pintu yang berfungsi
untuk menahan gerakan tiang ke segala arah dan melindungi tiang kayu dari
resapan air dari lantai ke atas.
Gambar 2.1. Bagian – Bagian Kusen
2) Jenis
– Jenis Daun Pintu dan Jendela
a.
Berdasarkan Cara
Membuka
a) Berputar
b) Bergeser ( sorong )
c) Menggulung, dan sebagainya
b.
Berdasarkan
Kontruksi
a) Berkaca
b) Berpanel
c) Berkrepyak ( jalusi )
d) Klam
c.
Berdasarkan Cara Penempatan
a)
Di sisi luar
b)
Di sisi dalam
3)
Fungsi Daun Pintu
dan Jendela
a.
Daun Pintu : Sebagai tempat keluar masuknya manusia dan
barang.
b.
Jendela : Sebagai tempat masuknya cahaya
matahari
4)
Menentukan Ukuran
Pintu dan Jendela
a.
Tinggi Pintu
Ditentukan berdasarkan tinggi orang
normal 1,60 m ditambah tinggi bebas 0,40 sampai dengan 0,60 m.
b.
Lebar Pintu
Ditentukan
berdasarkan tempat dan fungsinya :
a)
Pintu KM/WC : Antara 0,60 m sampai 0,70 m
b)
Kamar tidur : 0,80 m
c)
Kamar tamu : 1,00 m sampai dengan 1,20 m
d)
Garasi, gudang :
Tinggi kendaraan ditambah 0,40 s/d 0,60
m.Tinggi minimum 2,50 m. Lebar mini -
mum 3,00 m
c.
Tinggi Jendela
a) Ruang
tidur : 0.80 m s/d 1,20 m
dari lantai.
b) Ruang
tamu, keluarga : 0,20 m s/d 0,40 m.
c) Ruang
sekolah : 1,30 mdari lantai.
d.
Ukuran dan Jenis
Kayu
a) Untuk
kusen :
6/12, 8/12, 8/14, 10/15, dsb
b) Untuk
daun dan panil : 3/10, 3/12, 3/30, 4/30,
2/20.
Kayu yang
digunakan adalah Jati, kamper, bangkirai, merbau, dll
2.
Autocad
Autocad adalahsoftware
atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik itu 2
Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided Design. Program ini di
kembangkan oleh Autodesk,Inc, sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di
Mill Valley,California.
AutoCAD
paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design
interior, pemetaan, piping diagram dan masih banyak lagi.Secara garis besar,
AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para designer lainnya.Interface yang ringan dengan pengoperasian yang
mudah menjadikan Autocad sebagai software CAD paling terkenal dan paling banyak digunakan di
seluruh dunia.
C. Uraian
Kegiatan Praktik Kerja Industri
Menggambar Kusen Pintu dan Jendela
1.
Pelaksanaan Kegiatan
KegiatanPrakerininidilaksanakanpadagelombangketigaselama
2 bulan, mulai tanggal 6 Februari s.d 8 April 2017. Selama melaksanakan Prakerin
saya mendapat pengalaman yang tidak saya dapatkan di sekolah. Melalui kegiatan ini,
saya dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan di sekolah untuk diaplikasikan ke
dunia kerja yang sebenarnya. Karena waktu dan tempat yang terbatas, saya
memutuskan untuk menjelaskan
mengenai langkah – langkah menggambar kusen pintu dan jendela pada pembangunan
UPTD Petanahan.
2.
Alat dan Bahan
Kegiatan
Alat yang digunakan untuk melakukan praktek
kerja Industri di CV. Karunia Agung antara lain :
a.
Laptop dan
Mouse
Laptop dan Mouse adalah alat utama yang
digunakan untuk melakukan kegiatan prakerin. Digunakan untuk menggambar setiap
tugas yang diberikan oleh pembimbing dan karyawan.
b.
Pensil dan
Penggaris
Digunakan untuk mengukur gambar yang tidak
terbaca atau gambar yang ukurannya belum tertulis. Beberapa tugas yang
diberikan membutuhkan kedua alat tersebut.
c.
Flashdisk
Digunakan untuk mengcopy data yang diberikan
oleh pembimbing maupun karyawan yang nantinya akan dikerjakan. Digunakan juga
untuk mengumpulkan data yang sudah dikerjakan.
d.
Printer
Digunakan untuk mencetak gambar kerja yang
telah selesai dikerjakan.
Bahan yang digunakan untuk melakukan praktek
kerja Industri di CV. Karunia Agung antara lain :
a.
Job Sheet
(Lembar Kerja)
Job sheet ( lembar Kerja ) diberikan oleh
pembimbing PKL untuk dikerjakan oleh siwa prakerin. Biasanya berupa print out
atau soft file
b.
Materi
Materi disampaikan secara langsung oleh
pembimbing PKL sebelum siswa prakerin memulai pekerjaan atau ketika ada
hambatan dalam bekerja.
3.
Kegiatan
Praktek
Dalam melaksanakan praktek kerja industry di
CV. Karunia Agung cukup berbeda dengan yang dilakukan oleh teman-teman yang
lain. Di sini saya sudah dikenalkan dengan proyek yang benar -benar dikerjakan
di lapangan pada saat ini.
Gambar Kerja / Job Sheet :

Gambar 2.2.Job Sheet
Langkah Kerja dan Proses Pengerjaan
1) Menggambar Kusen Jendela
a.
Siapkan alat dan bahan. Pastikan semuanya sudah lengkap dan
dalam keadaan baik serta bisa digunakan.
b.
Nyalakan laptop/PC. Setelah itu buka file Autocad yang akan
digambar pondasi.
c.
Buatlah layer dengan nama “ kusen ” terlebih dahulu dengan mengklik icon
LAYER , kemudian atur layer dengan tebal garis 0,15
dan type garis continuos.

Gambar 2.3.Membuat Layer Kusen
d.

Buatlah segi empat menggunakan icon ( rectangle ) dengan ukuran 72 x 190 cm


Gambar 2.4.Membuat Rectangle
e.
Klik icon offset
,Setelah itu klik bidang yang akan kita
offset dan tarik kedalam, klik 0.05 (dalam satuan meter) lalu tekan Enter.


Gambar 2.5.Offset objek sejauh 0.05 m
f.
Selanjutnya, offset lagi bidang bagian dalam dengan
ketebalan 8 cm seperti langkah sebelumnya.

Gambar 2.6.Offset objek dalam sejauh 0.08 m

g.
Pilih icon explode untuk memisahkan garis, kemudian pilih
objek yang terletak paling dalam, lalu tekan Enter.

Gambar 2.7.Objek yang belum di Explode

Gambar 2.8.Objek yang telah di Explode
h.
Klik icon offset, kemudian pilih
garis yang berada pada posisi bawah dalam, lalu offset garis tersebut dengan
ukuran 118 cm, 126 cm, 131 cm, terakhir 139 cm.

Gambar 2.9.Offset garis
i.


Gunakan icon “ trim “ ( untuk memotong objek dengan
menggunakan objek lain ) dan icon “ extend “ ( untuk memperpanjang garis ). Lalu
hapus garis – garis yang tidak diperlukan.



Gambar 2.10.Penggunaan icon trim dan extend
j.
Buatlah rectangle untuk kupingan dengan ukuran 10 x 6 cm.
Gambar 2.11.Membuat kuping - kuping
k.
Pasang kupingan di setiap sudut kusen.

Gambar 2.12.Pemasangan kuping – kuping
l.
Buat angkur dengan perintah Line dan bentuk seperti gambar
dibawah.

Gambar 2.13.Membuat angkur
m. Lalu tempatkan angkur
yang telah dibuat tadi disamping kusen masing - masing 2 menggunakan perintah
Copy.
Gambar 2.14.Pemasangan angkur
n.
Selanjutnya beri simbol kaca dan garis Line putus - putus
yang menandakan bahwa jendela tersebut dapat dibuka.

Gambar 2.15.Jendela
2)
Menggambar
Kusen Pintu
a.
Buatlah rectangle dengan ukuran 90 cm x 270 cm.

Gambar 2.16.Membuat rectangle untuk pintu
b.
Klik icon offset
Setelah itu klik bidang yang akan kita offset dan tarik kedalam, klik
0.05 (dalam satuan meter) lalu tekan Enter.

Gambar 2.17.Offset rectangle
c.
Gunakan perintah explode dan extend untuk mengatur garis.

Gambar 2.18.Perintah explode dan extend untuk
mengatur garis
d.
kemudian
offset untuk mengatur garis, menjadi seperti di bawah ini. Offset ke atas
sejauh 10 cm, 220 cm, dan 225 cm.
Gambar 2.19.Offset objek
e.
Hapus
garis – garis yang tidak diperlukan dengan menggunakan perintah trim.
Gambar 2.20.Objek setelah di trim
f.
Offset bagian atas, sejauh 0.08 meter ke dalam.
Kemudian gunakan perintah trim untuk memotong garis yang tidak diperlukan.

Gambar 2.21.Offset objek bagian atas
g.
Arsir area umpat / dak menggunakan perintah “ hatch
“ Pada kolom swatch pilih ANSI31, klik add pick points, pilih objek,
kemudian enter.

Gambar 2.22.Arsir objek menggunakan perintah hatch
Gambar 2.23. Pasang kuping – kuping pada sudut
atas kusen.
i.
Buat model
pada daun pintu, kemudian pasang angkur yang telah dibuat tadi.
Gambar 2.24. Buat model daun pintu, dan pasang
angkur
j.
Terakhir buat pegangan pintu. Beri simbol bahwa pintu tersebut dapat dibuka
dengan perintah line. Trim yang tidak perlu.
Gambar 2.25. Pintu
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa saya ambil dari prakerin
adalah saya biasa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang
wirausahawan,
karyawan, bagaimana keadaan dunia usaha, atau dunia industri yang sesungguhnya,
bagaimana sulitnya mencari uang. Hal ini tentu saja sangat berbeda sekali
dengan keadaan siswa disekolah sehingga siswa akan menyadari bagaimana
perjuangan orang tua dalam membiayai pendidikan sekolah.
Selama ini siswa hanya dapat menunggu perintah dari guru, tapi dalam
dunia industri siswa dituntun bersikap dewasa dan harus aktif bertanya
kepada pembimbing yang ada dalam industri. Jika siswa masih saja
seperti dari sekolah, maka tidak akan memperoleh ilmu seperti yang diharapkan
pihak-pihak sekolah maupun wali murid.
Apabila siswa melaksanakan prakerin di luar daerah dan juga jauh dari
orang tua, maka siswa dapat memperoleh pengalaman bagaimana hidup jauh dari
orang tua. Sehingga secara tidak langsung akan lebih terlatih sifat
kemandiriannya.
B.
Saran
Ada
beberapa saran sebagai berikut :
1. Saran
Bagi Sekolah
a. Agar pembimbing lebih aktif mengontrol siswa yang sedangmelaksanakan
prakerin.
b. Sebelum siswa akan melaksanakan prakerin,sebaiknya pembimbing
lebih memberi arahan tentang apa yang
seharusnya dilakukan ketika prakerin dilaksanakan.
c.
Ketika melakukan atau
melaksanakan pembekalan harus lebih jelas dan membuat suasana ketika pembekalan tidak membosankan,
karena saat pembekalan banyak siswa yang tidak memperhatikan bapak/ibu guru
ketika memberikan pengarahan karena suasana kurang menarik bagi siswa.

2.
Saran Bagi
Industri
a.
Tidak membeda – bedakan antara
karyawan dengan siswa siswi yang melakukan prakerin.
b.
Agar tempat prakerin lebih memberi
arahan ketika siswa siswi sedang melakukan prekerin.
c.
Jangan
membeda – bedakan antara siswa prakerin yang satu dengan yang lainnya.
Daftar Pustaka
1. Tim Kelompok Kerja Pendidikan Sistem Ganda SMK Negeri 2 Kebumen 2016/2017.
2. Sumber Internet
No comments:
Post a Comment