Peluang Usaha
Peluang
usaha berasal dari kata peluang dan usaha. Peluang dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia berarti kesempatan; kesempatan baik. Peluang dalam bahasa Inggris
adalah opportunity yang artinya kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian
atau momen. Kata usaha dalam Kamus besar Bahasa Indonesia berarti kegiatan
dengan mengerahkan tenaga, pikiran, dan badan untuk mencapai suatu maksud.
Jadi, dari kedua arti kata tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa peluang
usaha adalah suatu kesempatan yang muncul untuk mengerahkan tenaga, pikiran,
dan badan untuk mencapai maksud tertentu. Suatu peluang berasal dari kesempatan
yang muncul dan menjadi ilham atau ide bagi seseorang.
Seseorang
yang mempunyai jiwa wirausaha lebih peka dalam melihat adanya suatu peluang
usaha dari pada orang yang tidak mempunyai jiwa wirausaha. Kadang kala,
seseorang melihat suatu peluang usaha dan menyambutnya tanpa menyadari bahwa
dirinya telah melihat suatu peluang dan sudah mengambil kesempatan itu. Semua
mengalir begitu saja tanpa disadari. Orang seperti ini bahkan tidak bisa
menjawab kalau ditanya kapan dirinya mulai menjalankan usaha, karena semua
berasal dari kecil atau hal lain yang mengalir saja hingga akhirnya dia
mempunyai usaha yang besar.
Inspirasi Usaha
Inspirasi
usaha adalah sesuatu yang menggerakkan hati untuk menjalankan suatu usaha.
Inspirasi bisa juga dikatakan sebagai ilham. Inspirasi merupakan sumber dari
peluang. Inspirasi muncul ketika terjadi konektivitas (pertemuan antara dua
titik temu) antara pengetahuan, memori, dan latar belakang pendidikan atau
pengalaman yang dimiliki oleh seseorang dengan cara pandangnya dalam
menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Inspirasi bisa muncul kapan saja, namun ada
faktor-faktor yang mendorong timbulnya inspirasi tersebut. Faktor-faktor
tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor Internal
Faktor
internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang sebagai subjek.
Faktor internal tersebut meliputi:
a)
pengetahuan yang
dimiliki,
b)
pengalaman dari
individu itu sendiri,
c)
pengalaman saat
melihat orang lain menyelesaikan masalah, dan
d)
intuisi yang
merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.
Faktor Eksternal
Faktor
eksternal adalah hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk
mendapatkan sebuah inspirasi bisnis. Faktor eksternal tersebut meliputi:
a)
masalah yang
dihadapi dan belum pernah dipecahkan,
b)
kesulitan yang
dihadapi sehari-hari,
c)
kebutuhan yang
belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain, dan
d)
pemikiran yang
besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Faktor
internal berfungsi sebagai subjek dan menjadi alat untuk menciptakan sebuah
inspirasi atas objek yang dihadapinya dengan kemampuan kreativitasnya. Ketika
dalam benak seseorang muncul berbagai macam ide, maka orang tersebut harus
memiiih untuk mewujudkan saiah satu dari ide-ide tersebut untuk dimunculkan
menjadi suatu inspirasi usaha. Ide yang dijadikan inspirasi usaha tentunya ide
yang mempunyai nilai jual tinggi.
§ Ciri-ciri Ide yang merniliki nilai jual tinggi antara
lain:
a)
mampu memenuhi
Kebutuhan konsumen.
b)
mempunyai daya
saing daiam suatu kompetisi.
c)
tidak bersifat
sementara.
d)
bisa dinilai
dengan uang.
e)
memenuhi aspek
kreati vitas dan inovasi yang bersifat panyaieaaian masalah yang selama ini
beium ada.
Berikut
ini ciri-ciri usaha yang potensial:
1.
Usaha itu memiliki
nilai jual yang tinggi
2.
Usaha bukan hanya
ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata
3.
Usaha itu
mempunyai waktu bertahan yang lama di pasar
4.
Tidak akan
menghabiskan modal (uang), karena terlalu besar investasinya
5.
Tidak bersifat
momentum atau bersifat musiamn (seasonable)
6.
Bisa ditingkatkan
skalanya menjadi skala industry
Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah sebagai
berikut:
1.
Peluang itu
orisinil dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha oranglain.
Usaha yang meniru orang lain hasilnya belum tentu sama dengan usaha yang ditiru
karena kondisi dan situasi yang telah terjadi dan yang akan terjadi belum tentu
sama.
2.
Peluang itu harus
dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa
mendatang. Dalam arti, peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta
bisa terus diinovasi
3.
Benar-benar sesuai
dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama
4.
Tingkat kelayakan
usaha benar-benar teruji untuk itu perlu dilakukan riset dan uji coba dalam
pasar.
5.
Bersifat ide yang
kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain
6.
Ada keyakinan bisa
mewujudkannya dan sukses untuk menjalankannya
7.
Ada rasa senang
menjalankannya dan benar-benar suka dengan bisnis tersebut
·
SUMBER PELUANG
USAHA DAN CARA MENGEMBANGKANNYA
1.
Peluang dari diri sendiri
Peluang yang paling
potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya adalah peluang yang bersumber
dari diri sendiri. Alasannya adalah sebagai berikut:
a.
Usaha membutuhkan
proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup sehingga harus membuat anda
bahagia dan sukses
b.
Usaha membutuhkan
konsistensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesannya adalah
mencintai pekerjaan atau usaha tersebut
c.
Kesuksesan usaha
adalah akumulasi dari kesuksesan menaklukkan kegagalan demi kegagalan hingga
semuanya bisa terwujud. Untuk itu, bila anda mampu mengerjakan, terampil, ahli
dan memiliki pengetahuan yang cukup, maka anda akan cepat sukses.
Salah satu peluang yang
berasal dari diri Anda adalah sebagai berikut:
a.
Hobi
b.
Keahlian
c.
Pengetahuan dan
latar belakang pendidikan
2.
Peluang dari lingkungan
Banyak peluang dan
inspirasi yang timbul dari lingkungan, antara lain sebagai berikut:
a.
Usaha atau bisnis
orangtua
b.
Lingkungan rumah
c.
Kebiasaan Anda
3.
Peluang dari perubahan yang terjadi
Peluang terbesar yang
sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah peluang yang berasla dari perubahan
lingkungan, seperti:
a.
Perubahan global
seperti terjadinya perubahan kurs mata uang rupiah terhadap mata uang dollar.
b.
Perubahan
lingkungan, misalnya terjadi pembangunan perumahan baru
c.
Perubahan
Peraturan Pemerintah akan menimbulkan ancaman bagi industri yang terkena
dampaknya, namun justru menimbulkan peluang bagi yang mampu membaca situasi dan
menadapatkan manfaatnya.
d.
Perubahan musim
e.
Perubahan gaya
hidup
f.
Perubahan tingkat
kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola masyarakat pada umumnya.
g.
Perubahan tingkat
tekanan pekerjaan yang semakin tinggi, sehingga kebutuhan akan hiburan semakiin
tinggi
h.
Perubahan
teknologi informasi dan komunikasi seperti kemajuan teknologi HP dan internet
sehingga memunculkan sistem penjualan online
i.
Perubahan laju
pertumbuhan kendaraan yang akan memunculkan penjualan suku cadang, asesoris,
asuransi dan bengkel.
4.
Peluang dari konsumen
Suara-suara konsumen yang
dapat menciptakan peluang baru diantaranya:
a.
Keluhan- keluhan
konsumen
b.
Saran-saran dari
konsumen
c.
Permintaan khusus
konsumen dan calon konsumen
d.
Angan-angan yang
diimpikan konsumen tentang produk dan jasa tertentu
e.
Harapan dari
konsumen terhadap produk atau jasa anda
5.
Peluang dari gagasan orang lain
6.
Peluang dari informasi yang diperoleh
Sekian penjelasan mengenai Peluang Usaha dan Inspirasi Usaha, jika temen - temen punya saran atau pendapat mengenai tulisan ini maupun blog ini silahkan memberikan komentar dibawah.
Terimakasih dan semoga bermanfaat, Salam sobat Indonesia!
Sekian penjelasan mengenai Peluang Usaha dan Inspirasi Usaha, jika temen - temen punya saran atau pendapat mengenai tulisan ini maupun blog ini silahkan memberikan komentar dibawah.
Terimakasih dan semoga bermanfaat, Salam sobat Indonesia!
sangat membantu blognya.
ReplyDeletehttp://blog.binadarma.ac.id/usman/
oke sama sama
Delete