BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Monday 14 November 2016

Materi Peluang Usaha Dan Inspirasi Usaha (Pengertian & contoh penerapan)


Peluang Usaha
Peluang usaha berasal dari kata peluang dan usaha. Peluang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kesempatan; kesempatan baik. Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang artinya kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Kata usaha dalam Kamus besar Bahasa Indonesia berarti kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, dan badan untuk mencapai suatu maksud. Jadi, dari kedua arti kata tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa peluang usaha adalah suatu kesempatan yang muncul untuk mengerahkan tenaga, pikiran, dan badan untuk mencapai maksud tertentu. Suatu peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ilham atau ide bagi seseorang.
Seseorang yang mempunyai jiwa wirausaha lebih peka dalam melihat adanya suatu peluang usaha dari pada orang yang tidak mempunyai jiwa wirausaha. Kadang kala, seseorang melihat suatu peluang usaha dan menyambutnya tanpa menyadari bahwa dirinya telah melihat suatu peluang dan sudah mengambil kesempatan itu. Semua mengalir begitu saja tanpa disadari. Orang seperti ini bahkan tidak bisa menjawab kalau ditanya kapan dirinya mulai menjalankan usaha, karena semua berasal dari kecil atau hal lain yang mengalir saja hingga akhirnya dia mempunyai usaha yang besar.

 
      Inspirasi Usaha
Inspirasi usaha adalah sesuatu yang menggerakkan hati untuk menjalankan suatu usaha. Inspirasi bisa juga dikatakan sebagai ilham. Inspirasi merupakan sumber dari peluang. Inspirasi muncul ketika terjadi konektivitas (pertemuan antara dua titik temu) antara pengetahuan, memori, dan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang dimiliki oleh seseorang dengan cara pandangnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Inspirasi bisa muncul kapan saja, namun ada faktor-faktor yang mendorong timbulnya inspirasi tersebut. Faktor-faktor tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang sebagai subjek. Faktor internal tersebut meliputi:
a)      pengetahuan yang dimiliki,
b)      pengalaman dari individu itu sendiri,
c)      pengalaman saat melihat orang lain menyelesaikan masalah, dan
d)     intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.



  Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi bisnis. Faktor eksternal tersebut meliputi:
a)      masalah yang dihadapi dan belum pernah dipecahkan,
b)      kesulitan yang dihadapi sehari-hari,
c)      kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain, dan
d)     pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Faktor internal berfungsi sebagai subjek dan menjadi alat untuk menciptakan sebuah inspirasi atas objek yang dihadapinya dengan kemampuan kreativitasnya. Ketika dalam benak seseorang muncul berbagai macam ide, maka orang tersebut harus memiiih untuk mewujudkan saiah satu dari ide-ide tersebut untuk dimunculkan menjadi suatu inspirasi usaha. Ide yang dijadikan inspirasi usaha tentunya ide yang mempunyai nilai jual tinggi.
§  Ciri-ciri Ide yang merniliki nilai jual tinggi antara lain:

a)      mampu memenuhi Kebutuhan konsumen.
b)      mempunyai daya saing daiam suatu kompetisi.
c)      tidak bersifat sementara.
d)     bisa dinilai dengan uang.
e)      memenuhi aspek kreati vitas dan inovasi yang bersifat panyaieaaian masalah yang selama ini beium ada.

  Berikut ini ciri-ciri usaha yang potensial:

1.      Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi
2.      Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata
3.      Usaha itu mempunyai waktu bertahan yang lama di pasar
4.      Tidak akan menghabiskan modal (uang), karena terlalu besar investasinya
5.      Tidak bersifat momentum atau bersifat musiamn (seasonable)
6.      Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industry

  Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah sebagai berikut:

1.      Peluang itu orisinil dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha oranglain. Usaha yang meniru orang lain hasilnya belum tentu sama dengan usaha yang ditiru karena kondisi dan situasi yang telah terjadi dan yang akan terjadi belum tentu sama.
2.      Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Dalam arti, peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi
3.      Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama
4.      Tingkat kelayakan usaha benar-benar teruji untuk itu perlu dilakukan riset dan uji coba dalam pasar.
5.      Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain
6.      Ada keyakinan bisa mewujudkannya dan sukses untuk menjalankannya
7.      Ada rasa senang menjalankannya dan benar-benar suka dengan bisnis tersebut

·         SUMBER PELUANG USAHA DAN CARA MENGEMBANGKANNYA


1.      Peluang dari diri sendiri
Peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya adalah peluang yang bersumber dari diri sendiri. Alasannya adalah sebagai berikut:
a.       Usaha membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup sehingga harus membuat anda bahagia dan sukses
b.      Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesannya adalah mencintai pekerjaan atau usaha tersebut
c.       Kesuksesan usaha adalah akumulasi dari kesuksesan menaklukkan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya bisa terwujud. Untuk itu, bila anda mampu mengerjakan, terampil, ahli dan memiliki pengetahuan yang cukup, maka anda akan cepat sukses.
Salah satu peluang yang berasal dari diri Anda adalah sebagai berikut:
a.              Hobi
b.              Keahlian
c.              Pengetahuan dan latar belakang pendidikan

2.      Peluang dari lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul dari lingkungan, antara lain sebagai berikut:
a.              Usaha atau bisnis orangtua
b.              Lingkungan rumah
c.              Kebiasaan Anda

3.      Peluang dari perubahan yang terjadi
Peluang terbesar yang sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah peluang yang berasla dari perubahan lingkungan, seperti:
a.              Perubahan global seperti terjadinya perubahan kurs mata uang rupiah terhadap mata uang dollar.
b.              Perubahan lingkungan, misalnya terjadi pembangunan perumahan baru
c.              Perubahan Peraturan Pemerintah akan menimbulkan ancaman bagi industri yang terkena dampaknya, namun justru menimbulkan peluang bagi yang mampu membaca situasi dan menadapatkan manfaatnya.
d.             Perubahan musim
e.              Perubahan gaya hidup
f.               Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola masyarakat pada umumnya.
g.              Perubahan tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi, sehingga kebutuhan akan hiburan semakiin tinggi
h.              Perubahan teknologi informasi dan komunikasi seperti kemajuan teknologi HP dan internet sehingga memunculkan sistem penjualan online
i.                Perubahan laju pertumbuhan kendaraan yang akan memunculkan penjualan suku cadang, asesoris, asuransi dan bengkel.

4.      Peluang dari konsumen
Suara-suara konsumen yang dapat menciptakan peluang baru diantaranya:
a.              Keluhan- keluhan konsumen
b.              Saran-saran dari konsumen
c.              Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen
d.             Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk dan jasa tertentu
e.              Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa anda

5.      Peluang dari gagasan orang lain
6.      Peluang dari informasi yang diperoleh

Sekian penjelasan mengenai  Peluang Usaha dan Inspirasi Usaha, jika temen - temen punya saran atau pendapat mengenai tulisan ini maupun blog ini silahkan memberikan komentar dibawah.
Terimakasih dan semoga bermanfaat, Salam sobat Indonesia! 

2 comments: