BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday 26 September 2018

Pengalaman Tes di PT Indomarco Prismatama (Indomaret grup)

       Hai teman- teman, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai ….
Siapa sih yang tidak tau Indomaret ? Pasti semua kalangan tau ya.., PT Indomarco Prismatama atau Indomaret group ini merupakan ritel wiralaba terbesar di Indonesia. Perusahaan ini sebenarnya tidak hanya pada bidang ritel saja, namun ada banyak bidang lain yang menjadi bisnis dari perusahaan ini.
Untuk bisa menjadi karyawan di perusahaan ini, kalian harus mempunyai penampilan serta skill yang baik. Untuk bisa menjadi karyawan di perusahaan ini, kalian harus menghadapi berbagai tes. Yaitu Tes Tulis, wawancara dan training.


       Kemudian untuk posisi pekerjaan bisanya perusahaan ini menwarkan Kasir, Pramuniaga dan Gudang Helper. Dan kali ini penulis akan membagikan cerita bagaimana proses tes di PT Indomarco Prismatama ini. Penulis memang baru saja mengikuti proses seleksi di perusahaan ini, yaitu pada hari Selasa, 25 September 2018. Oke langsung disimak ya..

       Saya mendapatkan info PT tersebut dari BKK sekolah yang ada di Kebumen, dan awalnya hanya ingin coba-coba saja, karena saya waktu itu belum tau apa PT Indomarco Prismatama. Setelah mendaftar, kemudian menunggu panggilan untuk mengikuti tes. Selagi menunggu saya mencari informasi mengenai perusahaan tersebut agar nanti ketika ada wawancara saya tidak begitu bingung. Dan ketika mencari – cari informasi, ternyata saya baru tau jika PT Indomarco Prismatama merupakan PT Indomaret Grup.

       Waktu berlalu, panggilan untuk tes pun dikirimkan melalui sms. Waktu tes yaitu pada hari selasa, 25 September 2018 mulai dari pukul 07.00 WIB. Dari info yang saya ketahui, pendaftar yang mengikuti tes sekitar 200 orang dan dibagi menjadi 2 batch tes, dan saya ikut pada tes batch ke-1.
Pada hari tes saya berangkat menuju tempat tes yang masih berada di Kebumen. Saya masuk tempat tes dan duduk menunggu HRD datang. Setelah HRD datang, mereka memberikan beberapa tahapan atau proses untuk menjadi karyawan di PT Indomarco Prismatama dan bagaimana tatacara tes tulis yang akan dikerjakan nanti.

       Setelah memberikan arahan, kemudian saya diberi lembar kertas jawaban pertama. Untuk tes tulis ini Kita diberikan 2 lembar kertas jawaban dimana setiap lembar terdapat 3 jenis soal tes yang harus diisi. Jadi semuanya terdapat 6 jenis soal yang harus diisi pada lembar jawaban. Untuk Soal tesnya, kita melihat pada layar Proyektor yang ada didepan.

  • Pada lembar pertama, kita mengerjakan soal jenis matematika dasar, deret angka , dan soal cerita.
  • Pada lembar yang kedua kita mengerjakan soal jenis padanan kata dan analogi, bentuk gambar, dan soal benar atau salah.

       Setiap jenis soal diberi waktu yang minim, antara 5-10 menit saja. Setelah semua tahapan tes tulis ini selesai, selanjutnya menunggu hasil tesnya untuk langsung menuju tahapan tes wawancara.
Saya menunggu sekitar 1 jam, lalu semua peserta masuk ke ruang tes dan diumumkan siapa saja yang lolos ke tahapan interview. Dan Alhamdulillah saya lolos ke tahapan interview. Untuk tahapan interview ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu untuk perempuan (kasir) dan laki-laki (pramuniaga), karena waktu itu perusahaan hanya menawarkan lowongan kerja bagian kasir dan Pramuniaga.
Lalu saya harus menunggu lagi sampai interview perempuan selesai. Dan setelah Interview perempuan selesai, kemudian kami para lelaki masuk ke ruangan tes interview. Setelah semua tahapan selesai, Selanjutnya saya pulang dan menunggu hasil tes interview.

       Saya berangkat tes jam 7 pagi dan selesai sekitar jam 3 sore. Oke temen-temen, itulah pengalaman saya dalam mengikuti tes PT Indomarco Prismatama. Jika kalian ingin tau bagaimana gambaran soal tes tulisnya, bisa kalian klik link disini.

Itulah tadi artikel mengenai Pengalaman Tes di PT Indomarco Prismatama atau Indomaret Grup. Pastikan kalian selalu update informasi-informasi terbaru dari Blog Aku Anak Indonesia ya..

Terimakasih sudah berkunjung..semoga bermanfaat


Salam Sobat indonesia!

No comments:

Post a Comment