BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Wednesday 22 August 2018

Pengertian Sistem Komputer dan fungsinya

      Hai temen-temen, kembali lagi di Blog Aku Anak Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Pengertian Sistem Komputer dan fungsinya. Sistem komputer merupakan sebuah komponen penting yang harus diketahui sebelum belajar lebih mendalam tentang komputer. Kita harus mengetahi dasar - dasar nya terlebih dahulu, agar ketika mendalami tentang komputer kita bisa mempunyai referensi dan mengembangkannya.

    Supaya komputer dapat mengolah data, maka harus ada suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem ini terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

    Fungsi utama dari Sistem Komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi yang perlu didukung oleh :
  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software), dan
  • Operator (Brainware)

    Perangkat Keras adalah peralatan komputer itu sendiri, berupa objek yang dapat disentuh. Sedangkan Perangkat Lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, berupa bagian komputer yang tidak memiliki bentuk fisik. Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

   Ketiga elemen tersebut dalam sistem komputer harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak dapat digunakan dan tidak berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua elemen ini (perangkat keras dan perangkat lunak) tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

  • Struktur dan Fungsi Komputer
Struktur sederhana dari sebuah komputer digambarkan pada diagram blok dibawah.

 Struktur Komputer secara sederhana



 Komputer secara fisik



     Itulah tadi Pengertian Sistem Komputer dan fungsinya. Walaupun tidak banyak yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih juga sudah berkunjung. Dan selalu dukung blog ini yang sedang berkembang agar menjadi blog yang memberikan banyak manfaat bagi seluruh Anak Indonesia. Sekian artikel kali ini, dan

Salam sobat Indonesia!

No comments:

Post a Comment