BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Thursday 30 August 2018

Pengertian Pertunjukan Musik (Bentuk dan unsur)

  • Pengertian PERTUNJUKAN MUSIK

       Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia. Karena musik memiliki jiwa, hati, pikiran, dan kerangka sebagai penyangga tubuh layaknya seorang manusia, pertunjukan musik sebagai salah satu budaya dari manusia yang lahir dari perasaan dan hasil ungkapan yang berbentuk ucapan. Musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik.

  • Bentuk penyajian pertunjukan musik

1. Penyajian musik tunggal

      Penyajian musik tunggal, yakni bentuk penyajian musik yang menampilkan seorang sirkus dalam memainkan alat musik tertentu. Misal penampilan piano tunggal, penampilan gitar tunggal, penampilan organ tunggal, penampilan biola tunggal, dan sebagainya.

2. Penyajian kelompok musik terbatas

       Penyajian musik terbatas adalah penyajian kelompok musik seriosa dalam bentuk duet alat musik, bentuk-bentuk trio, kuartet, atau kuintet alat musik sampai dengan bentuk  ansambel terbatas . sifat penyajian musik seperti ini tidak jauh berbeda dari penyajian musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin.

3. Penyajian musik orkestra yang dihadiri oleh penikmat yang jumlahnya jauh lebih besar

       Penyajian musik orkestra ini, meskipun masih memiliki sifat formal dan disiplin tinggi, namun dihadiri oleh jumlah penonton yang jauh lebih besar daridapa penyajian musik lainnya. Bentuk-bentuk orkestra besar seperti orkes pilharmoni, orkes simfoni, dan sejenisnya. Untuk menampilkan bentuk penyajian musik seperti ini diperlukan ruang yang cukup besar serta tata akustik gedung yang sangat baik.

4. Penyajian musik elektrik

       Penyajian musik elektrik, yakni penyajian kelompok musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat-alat musik elektrik berkekuatan tinggi. Penyajian musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, penyajian jenis musik dapat dilakukan di udara terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang. Penyajian dan kelompok-kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk penyajian musik seperti ini. Sifat dari penyajian musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak-teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas.

  • Unsur – unsur pertunjukan musik

Unsur – unsur dalam pertunjukkan musik dibedakan menjadi empat kelompok yaitu :
1.      Kelompok orang – orang yang bekerja dibelakang panggung atau para teknisi panggung.
2.      Para seniman penyaji atau pelaku yang mendukung langsung pertunjukkan diatas pentas.
3.      Kelompok orang – orang yang mengurus gedung pertunjukkan dan melayani penonton.
4.      Seksi- seksi kecil lain yang terlibat dalam pertunjukkan musik.


  • Contoh pertunjukan musik

Pertunjukan Musik orkestra
 
Pertunjukan Musik Gambang Kromong









       Itulah tadi artikel mengenai Pengertian Pertunjukan Musik (Bentuk dan unsur). Sekian artikel untuk kali ini. Pastikan kalian selalu update informasi - informasi terbaru di Blog Aku Anak Indonesia ya..
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a Comment