BLOG AKU ANAK INDONESIA

Cintai hasil karya anak bangsa sendiri

Saturday 25 August 2018

Makna dan arti lagu Manuk Dadali Lengkap


      Hai temen-temen, kembali lagi di Blog Aku Anak Indonesia. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai Makna dan Arti dari Manuk Dadali dengan lengkap. Bagi kalian yang belum tahu lagu Manuk Dadali, Lagu tersebut merupakan lagu daerah asli dari Jawa Barat. Dalam lirik-liriknya pun terdapat bahasa sunda. Oke, untuk informasi lebih lanjut mengenai Makna dan arti Lagu Manuk Dadali bisa kalian simak dibawah.



**Makna dan Arti Lagu Manuk Dadali**
 
       Manuk Dadali adalah lagu berbahasa Sunda ciptaan Sambas Mangundikarta. Lagu ini juga bernafaskan nasionalisme, dengan melukiskan keperkasaan burung garuda dengan lambang dari kejayaan Indonesia. (sumber:Wikipedia)

      Lagu Manuk Dadali adalah lagu daerah Sunda yang mengusung semangat kebangsaan dan nasionalisme. Bila kembali ke zaman penjajahan terdahulu, lagu tersebut sangat tepat dan sangat cocok untuk dijadikan penyemangat. Di zaman penjajahan kala itu, seorang pahlawan memerlukan penyemangat baik melalui lagu maupun puisi syair.

       Karena itulah lagu Manuk Dadali terlahir. Lagu yang tumbuh karena cintanya kepada Tanah Air Indonesia. Cinta yang berpohonkan harapan-harapan akan hadirnya negara kuat dan hebat. Negara yang tak pernah menyerah mengusir segala bentuk penjajahan di Negara Indonesia terlebih di seluruh muka bumi.

       Lahirnya lagu Manuk Dadali juga tidak lain karena semangat nasionalisme yang menembus batas-batas etnosentris. Dalam buku Yudi Latif, bertajuk Negara Paripurna Menjelaskan bahwa negara ini mempunyai beribu macam perbedaan. Perbedaan-perbedaan itu dikumpulkan dalam satu musyawarah besar untuk mencari satu makna yang sama yakni Bhineka Tunggal Ika. Ya, berbeda-beda namun tetap satu juga.

      Oleh karena itu, tidak  ada alasan lagi anak bangsa ini untuk melakukan tindak kriminal baik berupa saling menganiaya, saling mencaci apalagi sampai tawuran berbentur dan mengorbankan nyawa. Kita adalah satu bangsa yang besar bernama Indonesia. Bila Bukan kita yang menjaga Indonesia, siapa lagi?
 

**Lirik dan Chord Lagu Manuk Dadali**

G
Mesat ngapungluhur jauh di awang awang
G
Meberkeun janjangna bangun taya karingrang
Am
Kukuna ranggaos reujeungpamatukna ngeluk
C     D    G
Ngepak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

G
Saha anu bisa nyusul kana tandangna
G
gadang jeung partentang taya badingan nana
Am
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
C     D    G
Taya karempan ka sieun leber wawanenna

 C    C
Manuk dadali manuk panggagahna
G
Perlambang sakti Indonesia jaya
 C    C
Manuk dadali pang kakoncarana
A    D    G
Resep ngahiji rukun sakabehna

G
Hirup sauyunan tara pahirihiri
G
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Am
Manuk dadali gadung siloka sinatria
C    D    G
Keur sukamna bangsa di nagara Indonesia




       Itulah tadi informasi mengenai Makna dan arti lagu Manuk Dadali Lengkap. Sekian artikel penulis untuk kali ini. Pastikan kalian selalu update informasi-informasi terbaru di Blog Aku Anak Indonesia ya.. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.. dan

Salam Sobat Indonesia!

No comments:

Post a Comment